ads

Bolehkan ibu hamil mengangkat benda berat ?

Meski hamil, adakalanya Ibu harus tetap mengangkat benda-benda berbobot berat, seperti saat pindah rumah atau saat anak Ibu yang masih batita minta digendong. Walau demikian ingatlah bahwa Ibu hamil jangan mengangkat benda berat. Lalu berapa batas bobot benda yang masih bisa diangkat Ibu?

Secara umum, Ibu hamil jangan mengangkat benda berat yang bobotnya lebih dari 9 kilogram (Dokter Ibu mungkin akan membuat batasan yang lebih longgar jika Ibu sudah terbiasa mengangat beban berat sebelum hamil). Ingatlah untuk selalu berhati-hati jika Ibu harus mengangkat barang-barang berbobot berat, terutama jika kehamilan Ibu sudah semakin tua.

Saat hamil, ligamen Ibu akan menjadi lebih longgar dan sendi Ibu menjadi kurang kokoh, sehingga Ibu akan mudah menyakiti diri Ibu sendiri. Dengan perut yang semakin besar, pusat grvitasi Ibu akan berpindah ke depan. Hal ini akan membuat punggung belakang Ibu tertekan dan membuatnya lebih rentan untuk meregang—khususnya saat Ibu mengangkat sesuatu yang berat.

Perpindahan pusat gravitasi bisa membuat Ibu menjadi lebih mudah limbung dan membuat Ibu rentan jatuh. Jatuh yang serius tidak hanya berbahaya bagi Ibu, tapi juga berisiko menyakiti bayi Ibu, karena hal itu bisa memaksa Ibu melakukan persalinan prematur atau terjadi pelepasan plasenta prematur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika Ibu sering mengangkat benda berat—misalnya jika pekerjaan Ibu menuntut Ibu untuk melakukan hal itu—risiko Ibu untuk mengalami keguguran atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah akan meningkat.

Penelitian lain menemukan bahwa mengangkat benda yang beratnya 10 hingga 20 kg di awal kehamilan bisa dikaitkan dengan tingginya risiko preeklampsia—suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan kenaikan tajam dalam tekanan darah, albuminuria/proteinuria (kebocoran dalam jumlah besar protein albumin dalam urin), dan edema (pembengkakan) di tangan, kaki, dan wajah. Tak heran kan mengapa Ibu hamil jangan mengangkat benda berat.sumberkompas.com

Share on Google Plus

About Unknown

ID NEWS adalah portal berita yang menghantarkan anda ke topik-topik berita menarik di Indonesia dan Dunia. Hak cipta dan Tanggung Jawab isi berita melekat pada penulis dari sumber yang selalu disertakan dalam setiap berita.